KENAPA EKONOMI?

Posted by gitagut Feb 1, 2012 Personal | 160 Comments

Memilih jurusan kuliah adalah suatu hal yang sangat BESAR; efeknya sungguh bukan sekedar pada 3 atau 4 tahun saat kita menjalani kuliahnya, tapi sampai seumur hidup. It determines what we are going to do for living, jadi jika kita dari awalnya tidak enjoy dengan apa yang kita lakukan, we will be less likely to succeed.

Banyaaaaaak sekali yang bertanya pada saya kenapa saya gak ngambil musik sebagai major saya. Musik memang sudah menjadi minat saya dari kecil. Saya lahir sebagai anak dari seorang pemusik dan selama hidup saya ini, musik memang sudah selalu menjadi “makanan” saya sehari-hari. Dan sekarang walaupun saya bersyukur saya sudah punya karir sebagai penyanyi, saya merasa bahwa saya butuh sesuatu yang lain dan lebih untuk masa depan saya apalagi dengan kondisi industri musik yang sering labil seperti sekarang ini – trend cepat sekali berganti, bahkan banyak sekali mereka yang tidak mengerti apapun soal musik ikutan masuk ke industri musik. Jadi daripada saya “terjebak” di dalamnya, saya rasa ada baiknya saya mencari ilmu baru dan menambah wawasan saya.

Saya juga melihat papa saya kini bisa berhasil walaupun tanpa pendidikan formal di bidang musik. Papa saya alumni arsitek di UI dan hanya pernah les piano klasik selama satu/dua tahun saat dia masih kecil. Sisanya, ia belajar otodidak dari buku-buku dan pengalaman-pengalamannya. Dan kini ia punya orkestranya sendiri. Tapi ia berkata, sesungguhnya ilmu di arsiteknya pun banyak berguna di dalam pekerjaannya kini. Selain karena bisa membantu mendesign studio dan terkadang panggung, arsitektur juga membantunya mengasah tentang struktur, komposisi, dan juga imajinasinya yang ia bisa apply ke musiknya.

Lalu kini, saya pun kini memilih jurusan Ekonomi. Jujur sejujur-jujurnya, saya masih belum merasa pasti nantinya saya akan bekerja sebagai apa di bidang ini. Tapi sejak bertemu pelajaran Ekonomi di SMA, saya memang begitu tertarik. Karena sejak itu, semua yang saya baca di koran dan tonton di berita tiba-tiba jadi make sense.

Saya semakin tertarik juga karena membaca sebuah buku yang sebenarnya waktu itu hanya saya pilih secara random, judulnya The Economic Naturalist. Di cover belakang buku itu tertulis:

Why do brown eggs cost more than white ones?

Why is there a light in your fridge but not in your freezer?

Why did Kamikaze pilots wear helmets?

The answer is simple: economics.

Saya merasa lucu bagaimana buku ini menunjukkan bahwa teori-teori ekonomi dapat menjelaskan banyak sekali kejadian sehari-hari. Dan saya menjadi sadar bagaimana ekonomi sebenarnya sungguh dekat dengan kehidupan kita. Bukan hanya masalah hitung-hitungan uang, perdagangan, dan resesi. Tapi pilihan sehari-hari kita pun, seperti either to eat martabak or nasi goreng, bisa dihubungkan dengan teori ekonomi lewat opportunity cost nya.

Lalu, jika dilihat dari skala lebih besarnya, ekonomi pun punya peran yang sangat besar bagi negara dan para penduduknya. Ekonomi lah yang menciptakan lapangan kerja, memastikan kita dapat memenuhi our basic necessities, dan bahkan membuat kita bisa menikmati makanan-makanan import dari Jepang atau barang-barang murah dari China.

Saya juga merasa bahwa economic performance suatu negara sering sekali dijadikan indicator kesuksesan negara tersebut. Saya bangga Indonesia termasuk deretan negara-negara yang survive, bahkan mengalami growth, saat global recession 2008 lalu. Dan lihatlah kini semua mata tertuju pada Greece karena masalah ekonomi yang sedang dialaminya.

Sekarang saya belajar semua ini dengan harapan (siapa tau) saya bisa menyumbangkan sesuatu lah untuk membantu masalah-masalah ekonomi di Indonesia. Siapa tau juga kalau suatu saat nanti saya bisa menjadi seorang Menteri Ekonomi. Siapa tau kan? ;) Tapi ini juga sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk saya kembali ke dunia musik. Mungkin nanti jika saya kembali menjadi seorang penyanyi, saya juga bisa sambil membantu mengatasi masalah piracy dan penjualan CD yang sekarang semakin terpuruk. Yang penting kini saya merasa enjoy menekuni major saya, belajar sebanyak-banyaknya, dan lulus dulu dengan nilai yang baik. o:)

160 Responses

  1. iping
    February 10, 2012

    wah ambil ekonomi ya? ssst,, ini pelajaran yang paling saya tidak suka sejak saya masuk smp dulu..

    Entahlah, mengapa saya sendiri tidak suka dengan ekonomi. Padahal bapak saya sendiri seorang dosen ekonomi, namun ananknya ini sangat durhaka dengan yang namanya ekonomi.. hehe..

    Well, at d last point, everyone have a chance to choose. Pilihan yang kita ambil sekarang mungkin tidak selalu tepat sesuai keinginan kita dimasa mendatang namun kadang juga bermanfaat for our life.

    Saya juga kadang sangsi dengan pilihan saya kali ini. Dengan basic yang saya sadari senang berdagang (yang lebih menjurus ke ekonomi), mengapa saya jatuh hati menjadi informatic engineering.

    Pak Erwin yang suka musik jatuh hati pada arsitek.
    Gita yang suka musik jatuh hati pada ekonomi.
    Saya yang suka berdagang jatuh hati pada TI.

    Ya, mudah-mudahan apa yang sekarang dijalani memberi pengaruh besar pada kehidupan masing2 di masa depan.

  2. Mifta Muzaki
    February 10, 2012

    Ekonomi kapitalis yah? Yah, semoga saja kamu tidak salah memilih jurusan, dan harus dipelajari” lagi tentang ekonomi khususnya kita sebagai pemeluk agama islam harus menjadi yang seperti apa? Menjadi yang seperti apa yang telah tercantum di kitab suci kita tentang budaya, sospol, terutama ekonomi “Islam” bukan ekonomi kapitalis yang ada pada saat ini dan ilmu yang ditentang oleh al-qur’an. Tergantung bagaimana kita menyikapinya (+)/(-). Saranku de, harus lebih banyak membandingkan antara hak dengan yang batil seperti yang tertera di dalam al-qur’an dan kita analisis yang baik untuk diaplikasikan dan yang tidak. =D

    Btw, baru saya papahmu anak arsi UI.
    “We Are The Yellow Jacket” Sama2 anak UI spt papahmu ’10. xD

  3. Mifta Muzaki
    February 10, 2012

    Ekonomi kapitalis yah? Yah, semoga saja kamu tidak salah memilih jurusan, dan harus dipelajari” lagi tentang ekonomi khususnya kita sebagai pemeluk agama islam harus menjadi yang seperti apa? Menjadi yang seperti apa yang telah tercantum di kitab suci kita tentang budaya, sospol, terutama ekonomi “Islam” bukan ekonomi kapitalis yang ada pada saat ini dan ilmu

  4. Tia
    February 10, 2012

    sebelum melihat perekonomian yang luas seperti dunia perekonomian politik yang ada, lebih baik kita lihatlah IBU yang sangat sangat baik dan super duper jago karena di dalam sebuah keluarga IBU adalah Orang yang handal untuk mengatur perekonomian rumah tangga, ekonomi adalah ilmu dasar yang di miliki oleh individual dan ekonomi adalah ilmu yang global .
    apakah Major Ekonomi di luar negeri sama hal nya dengan Makro Ekonomi di Indonesia?
    saya sangat senang dan suka dengan pemikiran gita tentang Ekonomi ,saya harap bisa membaca lagi,lagi dan lagi pemikiran gita yang baru tentang ekonomi
    hehe

  5. mirza rafael sevani
    February 10, 2012

    semoga anda paham akan ekonomi sosialis.dan juga kapitalis..
    karna itu dua konsep terbesar yg di kenal di dunia..!! dan saya harap semoga anda tidak menambah jumlah populasi ‘kapitalis’ yg mendominasi negri tercinta ini..!!

  6. agung rist
    February 9, 2012

    Hehe, sayangnya ndak milih fisika.. :D
    *sukses selalu Gita..

  7. nununu
    February 9, 2012

    nice blog, mengingatkanku pada orang2 yang bertanya kenapa aq memilih kuliah ditempatku sekarang. :D

    jangan bosen2 posting ya…
    selamat menjalani masa kuliah……

  8. aditya
    February 9, 2012

    Kalian benar kalau tidak ada orang ekonomi pasti negara ini tidak akan maju

  9. Prima
    February 9, 2012

    Saya selalu amaze sama orang yang belajar economics. Keynes, Friedman, Krugman, Samuelson, or Sri Mulyani. They’re great!

    Selamat menjadi bagian dari mahasiswa ekonomi ya!
    Meski saya major di accounting tapi saya cukup banyak ambil mata kuliah economics yang kata temen saya agak aneh (akuntansi kok banyak ambil makul economics). Menurutku economics itu ilmu yang applicable banget di real life walau kelihatannya teoretis banget. Dan yang jelas, orang yang mempelajari economics itu keren. Right!?

    Good luck ya!

  10. Keven
    February 9, 2012

    Setuju, jaman sekarang bukan hanya masalah bagaimana memproduksi suatu barang/jasa, tapi bagaimana menjualnya =)

  11. arifin tuch divin
    February 8, 2012

    aqu tau kmu pilih jurusan ekonomi krn kmu prnh bilang kn cita2 kmu salah satunya ingin mnjdi menteri ekonomi….walaupun sebelumnya prnh pgn mnjdi arsitektur…..
    tp apapun cita2 mu,aqu di sini selalu mndukung mu…

  12. arifin tuch divin
    February 8, 2012

    kmu pilih jurusan ekonomi karena kmu prnh bilang kn cita2 kmu slh satunya pgn mnjadi menteri ekonomi…..walaupun sebelumnya kmu ingin mnjadi arsitektur……
    apapun cita2 mu aqu di sini mndukung mu…

  13. Kona
    February 6, 2012

    First time pas lihat kak Gita ngeblog is.. Big Wow! Hebat banget bisa ngebalancekan waktu antara sekolah dan ngeblog :) Keep bloging kak! Kalau di Twitter kan GL cuma tewrbatas 140 karakter buat komunikasi sama kakak :) Kalau disini, lebih leluasa I guess :)
    Wow! Saya baru menyadari the other side from economy major! Good job kak! Belajar yang rajin, make GL, parents, Indonesia, and God proud with you! Amen :)
    Semangat kak Gita!! Go kak gita go go go!!!
    Lebih banyak nulis tentang Inggris dong kak! Misalnya pergaulan remaja disana gimana, gimana sistem belajar mereka, dst dst ;) Biar bikin kita lebih terinspirasi dan semangat lagi!
    GO KAK GITAAAAAAA!!! #bawaspanduk7meter

  14. Ipul Lurniawan
    February 6, 2012

    Sudah terlalu banyak lulusan ekonomi, dan itu akan menumbuhkan bibit bibit kapitalis

    • Rian
      February 10, 2012

      Menurut gw bibit kapitalis tidak terbentuk dari ekonomi…klo anda berpikir seperti itu, anda tidak ada bedanya dengan orang awam lainnya yg memandang ekonomi hanya sebatas uang dan cara mendapatkannya… Ekonomi tidak selalu membahas itu, ekonomi menurut saya itu lebih dari uang… Ada hasrat di sana…ketika kita memilih untuk tetap hidup padahal kehidupan itu menderita, saat itu juga kita sudah berekonomi…

      karl marx seorang filsuf yang ahli ekonomi tidak pernah menyebutkan bahwa ekonomi yg menyebabka

  15. normi
    February 6, 2012

    good luck ya…

  16. wardah
    February 5, 2012

    Kalo boleh usul, ka gita terapin ekonomi syari’ah dong nanti di Indonesia… Setahu saya, itu nggak rawan krisis dan menguntungkan semua pihak… Insyaallah Indonesia bisa lbh baik ekonominya… Semoga ka Gita bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia…

    • fikri_oseaners
      February 7, 2012

      setuju sama yg diatas..! hehe :D

  17. @naura_nada
    February 5, 2012

    kalo holiday ke indo lagi, nyanyi lagi dong ka :) kangen suara sopran kak gita ^^

  18. s_twoo
    February 4, 2012

    good gita..
    Continue your struggle
    good Luck..

  19. elly
    February 4, 2012

    aku mau lulus tahun ini ka, terus mau ngelanjutin kuliah. tapi aku bingung mau kuliah jurusan apa karena aku sekolah di SMK. menurut ka gita ekonomi cocok ga?

    btw, sukses terus ya ka. tulisannya bagus ! :)

  20. @trianiputrie
    February 4, 2012

    sukses yah k’gita :)

  21. injilie walangitan
    February 4, 2012

    kak,gmn ngeyakinin ortu spy bisa kuliah diluar,pengeeeeeen

  22. aska
    February 4, 2012

    Nice post Gita :)
    Kebetulan saya juga ambil economics.
    Akan lebih menarik lagi kalau mempelajari Game Theory ya :)

    • gitagut
      February 4, 2012

      Wii, baru tadi siang saya membahas prisoner’s dilemma di kelas :D

  23. aska
    February 4, 2012

    Nice post Gita :)
    kebetulan saya juga ambil economics.
    Akan lebih menarik lagi kalau mempelajari Game Theory :)

  24. Nas Aja
    February 4, 2012

    waaahh salut deh buat Gita.. ada idealisme gitu itu tandanya kuliah bukan asal ikut2an mana yg lagi tren.. sukses trus ya ^_^

  25. brilo
    February 3, 2012

    semangat kakak!!
    fighting!!

  26. Adventri Siregar
    February 3, 2012

    Good luck with your studies.

  27. meirisma
    February 3, 2012

    alasan yang keren kak.. :)
    saya jadi terinspirasi dari cerita kakak, :)
    keep writing kak gita ;)

  28. @bahtiarrachman
    February 3, 2012

    Why did kamikaze pilots wear helmets? Sementara mereka itu sebagai bomberman, haha its ridic!, dan kamu bilang ada segi ekonominya,
    Okey, dan kalau gita mau tahu tentang edit blog tanya aku ya, kita saling share ilmu kita, mau ya git? Please! You are welcome!

  29. qoqom
    February 3, 2012

    Klw kamu jadi menteri sy jadi wakil’nya yah hehehe
    Kami gl slalu mendukungmu dlam suka maupun duka..di tunggu yah album selanjut’nya

  30. ayu
    February 3, 2012

    good luck ya gita :)
    kamu menjadi motivator buat saya :)

  31. galuh
    February 3, 2012

    what we believe, we become! XD

  32. zikri
    February 3, 2012

    kk gita menjadi satu inspirasi aku …

  33. @alphain
    February 3, 2012

    kagum buat kamu gita. bisa ninggalin popularitas yang sudah didapat buat belajar itu sulit (sepertinya karna saya tidak terkenal hehe). semoga semangat kamu bisa sampai selesai belajar ilmu ekonomi :D
    dan saya berharap bisa bertemu, bertukar ilmu dengan orang berbakat yang mungkin ada 100 tahun sekali di dunia ini hehe.

    sampai ketemu jika main ke Indonesia tepatnya di Bali….

  34. @joksus
    February 3, 2012

    mungkin kalau saya ditanya apa yang gak ada hubungannya sama economi.. ada satu jawabannya:

    gita gutawa nge-blog. hehehe.

    keep writing mbak.

  35. dwiresqi
    February 3, 2012

    kk menjadi satu inspirasi aku …

  36. @TYASKIWS
    February 3, 2012

    cemunguuuudh gitttt!!!!
    aku bakal tetep ngedukung kamuuuu :)

  37. Kiagus
    February 3, 2012

    Langkah yg bagus Tawa. Indonesia membutuhkan regenerasi dr (as) Sri Mulyani.

    Rugi & Untung memaksa orang untuk berbicara tentang EKONOMI, baik sadar maupun tidak.

    Saat kita memilih menangis krn kita sudah tahu akan manfaatnya yg mungkin dpt menguntungkan posisi & perasaan kita.
    Bahkan, pd keadaan berhenti menangis pun kita sadar bahwa tiada gunannya membuang air mata tanpa ada pengaruh pd pribadi atau sekitar kita.

  38. ade nurain lestari
    February 3, 2012

    bener tuh git…
    pokoknya semoga sukses ajah deh
    semoga pilihanmu adalah pilihan terbaikmu amien…:)
    always support you…

  39. @wahyusaptoni
    February 2, 2012

    Enjoy the little things in life, because one day you will look back, and realize they were the big things.

  40. Bilwalidayni
    February 2, 2012

    aku bangga sama kakak gita

  41. priawadi
    February 2, 2012

    Apapun jurusannya, kalo niatnya baik yaa hasilnya bakalan baik pula ^^

  42. S.13
    February 2, 2012

    Kenapa nggak Jurusan Internasional Bussines atau Management gitu?

    kalau masalah Yunani yang katanya negaranya hampir tutup karena permasalahn Perekonomiannya sudah membaik sekarang mungkin itu karena tata Cara ekonominya atau lebih ke Politik eropa yang mengendalikan pemerintahan Yunani sekarang yang di di negara ini banyak hal yang penting.

  43. Nurul
    February 2, 2012

    Aku kaget lho ka gita, kaka milih ekonomi kuliah nya ? Tapi apapun pilihan ka gita, mudah mudahan bermanfaat bagi masa depan kaka yg lebih baik sebelum sebelum nya ;) good luck ka gita! :)

  44. S.13
    February 2, 2012

    Kenapa Nggak Pilih Jurusan international business administration ato Management gitu,,,?

    kalo Yunani itu yang negaranya bisa dikatakan hampir tutup sebagai negara tp skarang kan Sudah hampir membaik mungkin juga itu bisa dikatakan Karena Tata cra ekonominya atau gaya Politik Eropanya yang membantu pemerintahan Yunani atas perjanjianya untuk masalah Hutangnya

  45. cheisathya
    February 2, 2012

    emang betul kita harus lebih matang untuk memilih jurusan kuliah yg sesuai dgn minat dan bakat kita . jadi , jngan ikut2tan sama tmn kita atau orng lain :) dan yg terakhir Semoga cita2nya kak2 terkabulkan termasuk jadi menteri ekonomi hwehehe dan semoga lancar kuliahnya kak :) GOOD LUCK ya kak :* (Blognya bgus kak , ciptakan kreasi kak2 lebih banyak lagi ya)

  46. cheisathya
    February 2, 2012

    emang betul kita harus lebih matang untuk memilih jurusan kuliah yg sesuai dgn minat dan bakat kita . jadi , jngan ikut2tan sama tmn kita atau orng lain :) dan yg terakhir Semoga cita2nya kak2 terkabulkan termasuk jadi menteri ekonomi hwehehe dan semoga lancar kuliahnya kak :) GOOD LUCK ya kak :*

  47. dindaamaliza
    February 2, 2012

    wow bgt bacanya, sukses kaka

  48. ATI
    February 2, 2012

    bener tuh git :) *setuju deh sama kamu* wkwkwk .
    terus nulis yah git . bagus blog kamu :)

  49. Melissa angelia
    February 2, 2012

    A great blog.!
    Bisa jadi inspirasi aku untuk jd bahan Speech contest with theme “Introducing the ability of young genertion”

    Kak Gita lah inspirasiku.
    Thx yah kak :)

    Doa kan aku menang lomba speechx.
    Amin ^^

  50. @harbask
    February 2, 2012

    setuju Git, memang jurusan amat penting nggak cuma berpengaruh sebentar tapi selamanya, dan lebih bagus lagi apa bila kita memilih jurusan yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. good luck git semoga kuliahnya sukses dan cepet lulus, Amin….

  51. effirizkasagita
    February 2, 2012

    kerenlah alasannya

  52. Daffa Nadifa GitaLovers ^^
    February 2, 2012

    keren!

  53. Daffa Nadifa GitaLovers ^^
    February 2, 2012

    hihii alasan yg baguss,,,
    mencoba hal yang baru ^^
    good Luck gitaa

    gitaLovers disini dukung terus kok apa yg kk mau :D

  54. DjalakAlsagut
    February 2, 2012

    Haiii GITA….. :)

  55. lusitania
    February 2, 2012

    good job git :)

  56. Exwan Andriyan
    February 2, 2012

    yang penting dilaksananin dengan Ikhlas aja git dan tetap semangat. kalau kita mencintai apa yang kita kerjakan, InsyaAllah hasilnya akan memuaskan, amiin :)

  57. Feni FG
    February 2, 2012

    wihiiww..seneng kak Gita nge-posting. rajin2 yah kak posting nya. dan semoga sukses terus ;)

  58. iqbal hafifi
    February 2, 2012

    Good Job ^_<

  59. Arnawan Arief
    February 2, 2012

    Assalamu Alaikum All ……….

  60. widya
    February 2, 2012

    u’re my inspiring. :)
    saya suka banget ma semua crta kakak. dari awal kak buat blog sampe sekarang, saya slah 1 dri semua GL di indonesia sangat senang+bahagia banget.
    buat kakak, semangat semangat dan semangat, keep smiling :)
    #SEMANGKA !

    by: widya GL medan..

  61. Oom Donny
    February 2, 2012

    hohoho… anak GL pada reunian di blog Gita.
    silaturahmi deh. :p

    @gita whatever ur choice, we’ll always support & pray 4U.

    • Arnawan Arief
      February 2, 2012

      Assalamu Alaikum ………..

      • Oom Donny
        February 3, 2012

        wassalaamun ‘alaikum bimaa sabartum :)

    • @imamsuu
      February 2, 2012

      hha iya reunian :D

      • Oom Donny
        February 3, 2012

        wassalaamun ‘alaikum bimaa sabartum :)

    • Yuli Triatmojo
      February 3, 2012

      yea…pd mengeruduk?

  62. barra
    February 2, 2012

    kadang dilematik juga, yah bagaimana menjalaninya aja sih, yg penting harus tekun, toh lama” terbiasa & enjoy lah…

    *tetap semangat, terus berjuang, gapai semua mimpi mu*

  63. Trismaa
    February 2, 2012

    Semangat kak ;) do your best ! suatu hari you can be the next indonesia’s finance minister yahh :D

  64. Valdi
    February 1, 2012

    wow,banyak bangett y comment,,hehehe,, udh jd blogger nh git skrng? :) saya senang dgn blog kamu, simple, dan informasinya menarik :D ya,ilmu ekonomi memang sangat diperlukan dalam segala bidang, dari skala besar maupun kecil.

    dlm kehidupan sehari-haripun prlu ilmu ekonomi,,gimana cara’a memanage uang, mengatur pengeluaran, dan sebagainya,,hehehe.. ada satu buku git yg bagus utk dibaca,, karangan Robert Kiyosaki, namanya Cashflow Quadrant,, udh prnah baca blm?? klau blm cb deh :D

    Terakhir, jaga kesehatan disana ya git :) oia,, mampir2 kesini git http://www.v4ldi.blog.com :D

  65. Olyvia Pradivta
    February 1, 2012

    ayooo semangat git……kita bangun perekonomian di Indonesia yang semakin kacau…….karena saya juga kuliah di fakultas Ekonomi juga lebih tepatnya jurusan Akuntansi…….semoga dengan banyaknya mahasiswa di jurusan Ekonomi semakin bisa membangun bangsa indonesia lebih maju kedepannya….dan semoga kita bisa berkontribusi baik untuk negri ini…..amien

  66. Ullih Hersandi
    February 1, 2012

    pertama denger kamu punya blog, kenapa aku jadi ikutan yang seneng.. hahaha.. sering-sering aja yaa Gita update blognyaa… seru juga baca blog punyamu… ceritain juga dunk gimana kehidupan di sana… :) pengen, kesana cuman langkahku hanya bisa sampai Turki… – -”

    semangaaat Gitaaaa!!!
    By : GitaLovers

  67. Dwi rukmana
    February 1, 2012

    Aku pembaca setia tulisanmu git..
    Cz Keren banget!!
    Suatu saat aku bisa sukses dan membuat keluargaku senang..
    You know you’re my inspiring..

  68. bunga
    February 1, 2012

    mudah2an gita bs menyelamatken perekonomian indonesia, mudah2an punya ide. tapi hati2 git, jangan pernah menyentuh korupsi dalam bentuk apapun, itu godaan terberat, pertanggungjawaban di akhirat juga berat.

  69. Luly Prastuty
    February 1, 2012

    Yesss! Bener banget…
    Tapi apapun bidangnya kalo ditekuni baik-baik, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa!

    sukses terus kak kedepannya! :D

  70. Dicky
    February 1, 2012

    ^_^

  71. Angga
    February 1, 2012

    Good luck in your New World!!!

  72. Ikha Rahmasari
    February 1, 2012

    you’re a teenager and became a great inspiration :))

  73. vida
    February 1, 2012

    :)

  74. yhoga pratama
    February 1, 2012

    akhirnya bisa komen jg :)

    jadi presiden pun saya akan sangat mendukung git :)
    saya jg bersedia jd wakilnya :) (Seandainya)

    tp mimpi untuk saya, bertemu gita aj susahnya minta ampun :(

  75. habibkha
    February 1, 2012

    it’s the right coice, gita

  76. habibkha
    February 1, 2012

    it’s the right choice, gita

  77. Sagi
    February 1, 2012

    Git, please keep blogging !

  78. Sagi
    February 1, 2012

    Keep blogging!

  79. syifahannin
    February 1, 2012

    thanks gita udah jawab pertanyaan aku yg wktu d twitter , your reason is clear enough :)
    be success oke (y)

  80. rahmatika a.
    February 1, 2012

    hai gita !!
    aku juga kuliah jurusan ekonomi loh.
    emang masa deoannya masih belum jelas,
    tapi aku yakin kalo gita akan sukses didunia musik lalu didukung dengan ilmu ekonominya..
    so, kowawa gita :)

  81. enie
    February 1, 2012

    ni blog keren banget…oya bikin tulisan ttg tmpat kamu skrg menetap dong..siapa tu bisa jadi tempt pilihn kuliah sya selanjutny…
    good luck ya git…slam kenal

  82. qoqom
    February 1, 2012

    Sy sdh 1 semester kuliah blom tau ttg ekonomi tp akhirnya setalah baca blog kamu akhirnya sy tau bahwa ekonomi itu menyenangkan…thx lunce

  83. @Yoslin_elin
    February 1, 2012

    Oh!! Akhirnya bisa comment jg diblog ini hehe. Hey Git, I’ve read your story and many notes you who I like..jujur ya,dr tweetmu ditwitter aja aku suka bacanya,gaya penulisannya ituloh! Apalagi skrg ada blog ini. Rajin2 posting ya..suka deh bacanyaaaa! Sukses :)

  84. enie
    February 1, 2012

    ini blog keren deh…oyaa bikin tulisan tentang lokasi kamu sekarang git,pnasaran apa aja yg ada di tempt kamu sekarang menetap…siapa tau bisa jadi inspirasi…

  85. Albert Gunawan
    February 1, 2012

    Good Job , I Like it, kenapa nggak kedokteran yang kamu bilang dulu , rencana lulus SMA mau ambil kedokteran, aku ingat gita bilang kek itu sama host pas saat nyanyi..kata gita “Insya’allah ambil kedokteran nanti pas lulus SMA”

  86. injilie walangitan
    February 1, 2012

    kak,gmn cara ngeyakinin orang tua spy bsa kuliah diluar?trus kak sring bls mention dri GL dong,walaupun cman di RT doang,trus blas coment diblog yah kak,love you so much ;)

  87. Zee
    February 1, 2012

    loving every post from ur blog! keep posting& from this post I learn that I just need to consider what interest me more instead of worrying too much about what career opportunity I might have later on. good luck for ur study kak git and who knows if one day we can work 2gether to make Indonesia as a better country :D xx

  88. Debie Fabiola
    February 1, 2012

    waktu pertama masuk SMA tau ada pelajaran ECONOMIC bayangannya kyk apa gitu . eh ternyata waktu di pelajari , im enjoy study economic . dan waktu tau ka gita suka pelajaran economic , aku seneng bangettt ternyata idola ku sama dengan ku . dan aku berniat akan melanjutkan kuliah ku di jurusan economic juga .
    doain semoga aku sm ka gita bisa jadi Menteri Ekonomi . aminnnn :))

    • Albert Gunawan
      February 8, 2012

      hahahaaa,, gita sebenernya suka sama pelajaran biologi,, maunya dia kedokteran tapi di inggris gita cuma lulus di birmngham itupun dapet yg lulus ekonomi, kebetulan ekonomi juga digemari gita… klo nggak salah pas test perguruan tinggi gita ambil jurusan utama kedokteran, terus pilihan ke 2 ekonomics… tapi nyataya dia lulus di ekonomi :) meski di t4 lain juga lulus, tapi gitanya mau belajar di negara inggris :)..

      • gitagut
        February 9, 2012

        Hehe saya tidak pernah punya niatan jadi dokter. Memang dari awal pilihan saya economics. :)

  89. @gerdapr
    February 1, 2012

    membaca stiap tulisan yg kaka tulis d”blog ini..membuat q brfikir kalau kk jga brbakat sbagai penulis..knapa gg buat novel ka??
    btw sukses slalu y ka :)

  90. gerda priyasnah
    February 1, 2012

    amin..smoga smua yg kk cita”kan bsa trwujud y ka :)

  91. Anton
    February 1, 2012

    Wah Git buat artikel tetang Gitalovers dunk… biar makin rame dan yang kangen sama kamu jadi terobati ….

  92. Qonita Nazhifa
    February 1, 2012

    Hihi, kalo kak Gita jadi Menteri Ekonomi gimana ya? Asik nih.. Mungkin bakal jadi menteri pertama yg punya lebih dari 1 juta fans x)
    Good luck, kak. You’re very talented. Indonesia loves you <3 ;)

  93. tri
    February 1, 2012

    seneng baca blognya gita..
    jadi terinspirasi dan membuat saya lebih semangat untuk kuliah dan mengejar cita” saya :)
    thanks ya gitaaa :*

  94. Fikri Purwadinata
    February 1, 2012

    wuiihihi udah ada blog sekarang.
    klo sempet kunjungin web saya ya git.. http://iFikri.tk
    ada banyak berita menarik kok.
    info2 teknologi, artikel menarik.
    dan pengumuman2 seputar perkuliahan :)

  95. dien Al-hakim
    February 1, 2012

    blognya bagus git
    and content2nya bagus
    bisa jadi inspirasi n motivasi
    dilanjut truz
    n sukses u/ semuanya

    :D

  96. nadiiarah
    February 1, 2012

    thanks for inspired me. I hope i can be as well as you,i hope i can study aboard a few next year :)

  97. icha
    February 1, 2012

    kereennn, kyknya anak2 yg klgi mlaksnakan UN untk mlnjutkan jnjang pendidikan strusnya yaitu Dunia Perkuliahan, bsa bca note ini, biar mrka gak bngung untuk mmlih fakltas :)

  98. Achmadzulfikri
    February 1, 2012

    Memilih jurusan kuliah adalah suatu hal yg sangat besar, bukan hanya 3-4 tahun tapi untuk masa depan,,
    kata ini betul sekali karena saya sendiri pun sampai sekarang bingung mau kuliah tapi bingung mau ngambil jurusan apa yg cocok buat saya. . .

  99. vitra
    February 1, 2012

    hi gita.. :)
    seru nih baca artikelnya, semangat ya bwt kuliahnya…!
    ditunggu artikel lainnya =)

  100. dimas
    February 1, 2012

    Ceritanya bguz,thanx kak gita jadi semangat mau masuk fakultas ekonomi. . .

  101. dimas
    February 1, 2012

    jadi semangat mau masuk fakultas ekonomi. . .thanx kak untk ceritanya,keren2 semua. . .

  102. ria
    February 1, 2012

    wah, gak nyangka papa nya gita alumni arsitek ui >.< aku jg lg jalanin kuliah di arsitektur dan setelah baca tulisan mu ini aku jadi agak berani melangkah di luar jalur arsitektur nanti klo udah lulus.

    Kalo boleh tau, apa yang menyebabkan papa gita berani keluar dari pekerjaan yang gak sesuai sama jurusan yang dia pilih waktu kuliah? apakah karena setelah menjalani kuliah arsitek merasa gak sreg?

  103. Dizar
    February 1, 2012

    keren baca tulisan ini,, bnyk memberikan aq inspirasi terutama krn kita sama2 kuliah ekonomi,, ^^ sukses dengan kuliahnya Gita.. We proud u.. :)

  104. fitriDayanti
    February 1, 2012

    I Wish I was can be like You

  105. evapritisya
    February 1, 2012

    do not give up before reaching the dream.

  106. Farid Ab
    February 1, 2012

    Good luck! I’m waiting for your next story.

  107. Prisil
    February 1, 2012

    Mudah2an kk jadi Menteri Ekonomi suatu hari nanti. Amin :)

  108. Prisil
    February 1, 2012

    Mudah2an kk jd Menteri Ekonomi suatu hari nanti. amin :)

  109. botoik
    February 1, 2012

    I just cant believe it. ITS YOUR BLOG,simple and easy acces.
    Anyway, where i can find your bio? Was you posted it? I just want to know more about you.
    Thanks,love it.

  110. irwan muluk
    February 1, 2012

    semangat gitaaa.. suksess selalu dan selalu dilindungan tuhan

  111. Arief
    February 1, 2012

    Awesome . . .:D
    good luck for your study. . yeah

  112. Silva Meliana
    February 1, 2012

    yup, kadangkala apa yang kita rencanakan belum tentu kesampaian di masa yang akan datang. tapi yang pasti kita mesti bertanggung jawab dengan apa yang telah kita pilih. apapun itu, bila kita serius menekuninya, insyallah akan berbuah manis, smangat Gita!!! ^_____^v

  113. Silva Meliana
    February 1, 2012

    yup, kadang kala apa yang kita rencanakan belum kesampaian di masa yang akan datang. tapi yang pasti kita mesti bertanggung jawab dengan apa yang telah kita pilih. apapun itu, bila kita serius menekuninya, insyallah akan berbuah manis, smangat Gita!!!^_____^v

  114. Bung Irfan
    February 1, 2012

    mantap git..
    blog juga..lumayan siih
    aku juga sih sebenarnya kuliah tapi di luar kota..
    aku juga merasakan apa yang kamu rasakan “HIDUP SENDIRI”

    tapi aku tetap semangat truss…
    kamu juga gitu

    semoga sukses slalu di kuliah kamu..
    dan tetap semangat jalani hidup dan raih mimpimu
    cayoo…..

    “AYO(COME ON) gita…
    “BILA” kamu ingin “MERAIH MIMPI” jangan pernah takut untuk “MELANGKAH LAGI”
    “REMEMBER”git,,,hidup ini bukan main-main karena ini “BUKAN PERMAINAN”
    jadikan hidup ini sebagai “HARMONI CINTA” yang berjalan “SEMPURNA”
    bukan sebagai “PARASIT” tapi ingatlah “WHEN YOU WISH UPON A STAR”
    semuanya akan terwujud seperti “ALUNAN SEBUAH LAGU” yang “SEMPURNA”
    yang terbentang di “JALAN LURUS”

    sedikit berpuisi kayaknya gua hahah :))
    tapi sepenggal kata diatas membuktikan apa???
    bahwa sebenarnya semuanya saling berkaitan..
    bahkan beberapa judul lagu-lagu kamu
    bisa di buat seperti itu..

    ga masalah kamu milih jurusan apa..
    karena semua saling berhubungan
    yang penting…..

    TETAP SEMANGAT GIT, DAN SUKSES SELALU…………….!!!

  115. Ayu
    February 1, 2012

    Semangat ya kak, :D
    Semoga kuliahnya lancar,, :)

  116. Melssa angelia
    February 1, 2012

    Kak@gitagut teruskan yah nulis d blog
    very awesome & interest with this :)

  117. camilla Shaquila
    February 1, 2012

    this post tenting economy = persis apa yg gue rasain plus I’ve read the book too! :p

  118. Aan Dzaey
    February 1, 2012

    good luck ka, buat ekonominya :)

  119. Yogie Napitupulu
    February 1, 2012

    great blog..!!

  120. imazulvi
    February 1, 2012

    Kak, posting tentang masuk ke Universitas dong? terus gimana caranya beradaptasi :)pleeeaseeeee

  121. why samp
    February 1, 2012

    Semangat…..!!!
    Indonesia Menunggumu… :)

  122. RMS
    February 1, 2012

    Dr Abu Dzar Jundub bin Junadah & Abu ‘Abdirrahman Mu’adz bin Jabal dr Rasululloh Muhammad, bahwasannya beliau brsbda:
    “Bertaqwalah kpd ALLAH dimanapun kamu berada, & iringilah kejelekan itu dg kebaikan niscaya akan menghapusnya, & pergaulilah manusia dg akhlak yg baik.”
    [HR. Tirmidzi no.1987]

  123. Oky
    February 1, 2012

    Keep practice git, we always support u :)

  124. tohierglvers_
    February 1, 2012

    Gita kapan ni ngluwarin single baru

  125. viaaa
    February 1, 2012

    Hi gita ! I’m via , I’m so interested with ur blog . I wanna have study abroad , can I ask something ? Before you accepted in ur university , did you send any essay or do test in london ?

    Regrads
    Me:)

  126. nanta hadijah
    February 1, 2012

    huhhu
    terinspiirasi dari tulisan gita:)
    pintar di dunia musik ternyata pintar juga nulis:)

    semangat terus ya git..
    aku ni slah satu ornk yg ngefans berat ma kamu. sekaligus pembaca setia blog kamu:)

  127. Albert Gunawan
    February 1, 2012

    Keren….. Tapi git, mw tanya nih, kamu kemaren kan jurusan IPA, nah ªQ pernah dgr di acara musik! Host nya nanya gita nanti kuliah nya mw ambil jurusan apa? Gita jwb “Kedokteran” insya’allah gitu??? Trzz skrng jadi malah ke ekonomi? Padahal kan di IPA gk ada pelajaran ekonomi! Klo di SMA saya sih gitu! :p

  128. chacha
    February 1, 2012

    ekonomi? yaa~ sama seperti gita, aku juga kuliah dan masuk fakultas ekonomi. Lebih spesifik lagi, akuntansi..
    Bukan karena apa-apa, setelah lulus SMA jg sebenarnya nggak ada niat sama sekali buat masuk fak.eko..tapi nasib bicara yang lain.

    Sekarang, setelah ambil jurusan ini, aku cuma punya satu tujuan: PAJAK. Masalah pajak, saat ini selain citranya buruk dimata masyarakat, kesadaran ttg pajak jg menurun. Padahal pajak penting buat negara kita.
    Gak segitu buruknya..ingin belajar lebih rajin, biar bisa membetulkan semua yang sekarang dipandang sebelah mata.

    Semangat, Gita!

    • gitagut
      February 4, 2012

      Yap banyak orang yang gak sadar kalau pajak itu penting. Tapi memang sifat buruk manusia karena “keegoisan” atau “self-centered” attitude nya. Mereka lebih mementingkan apa yang jadi punya nya daripada membaginya dengan orang-orang lain. Jadi kalau soal pajak, memang harus jadi kesadaran dari tiap orang nya sendiri.

      Tapi satu hal yang sulit lagi… adalah karena tingkat hukum kita kurang kuat di Indonesia. Bukan cuma untuk memberi sanksi buat mereka yang curang membayar pajak atau tidak membayar pajak sama sekali, tapi juga masalah korupsi dimana uang pajak yang sudah kita sisihkan dari income kita malah dipake sama mereka yang sebenarnya tidak berhak. Gimana orang tergerak untuk bayar pajak kalau kemungkinan uang kita malah masuk ke kantong yang salah dan akhirnya useless? Right? ;)

      • aditya
        February 9, 2012

        Oya perkenalkan aq adit aq juga mahasiswa F.E. Akuntansi. Kalian benar. tapi mereka tidak sadar bahwa jalan yang mereka pakai itukan uang mereka juga. Jika pajak tidak ada mana mungkin ada jalan raya yang menghubungkan rumah mereka dengan tempat aktivitas mereka, contoh tempat kerja s/d tempat pendidikan…

      • Tia
        February 10, 2012

        setuju gita, intinya manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah di miliki nya sehingga memilih jalan untuk korupsi . mungkin hukum bisa di tegakan bila pengahasilan yang di terima oleh penegak hukum itu di tingkatkan.
        ooh iya git,sya mau nanya, Major Ekonomi di Luar Negeri apakah sama halnya dengan Makro Ekonomi di Indonesia?
        saya senang dan suka tentang pemikiran gita tentang Ekonomi, saya harap ada pemikiran baru lagi,lagi,dan lagi tentang Ekonomi dari gita
        hehe

  129. Rian
    February 1, 2012

    Ekonomi….ehm….sebenarnya saya benci dengan pelajaran ekonomi, bukan karena hitung-hitungannya tapi menghafal teori apa yg harus digunakan di dalam suatu permasalahan…. “terlalu praktis” mungkin menurut saya seperti itu…. (maaf, bukan maksud merendahkan ilmu ekonomi)

    namun klo diliat lebih dalam lagi, di dalam ilmu ekonomi itu terdapat permasalahan keinginan manusia…. Maksudnya di dalam ekonomi itu dijelaskan kenapa manusia lebih memilih A dibandingkan B…. Dan ketika itu juga ekonomi tidak selalu membicarakan tentang uang seperti apa yg banyak orang pikirkan….

    Economic is not about money, but human choice is in here too…. (maaf klo b.inggrisnya belepotan…baru belajar…hehehe)

    • gitagut
      February 4, 2012

      I totally agree. Mau bagaimana pun ekonomi itu memang lebih banyak berisi teori-teori yang berusaha untuk mem-simplify keadaan nyata di dunia, padahal dunia pun terlalu rumit untuk bisa disederhanakan sebagai teori. Saya pun kadang suka merasa lucu, karena di textbook saya selalu ada bagaian yang menjelaskan kekurangan-kekurangan dari teori tersebut, jadi memang setiap teori sebenarnya tidak sempurna. Tapi mau bagaimana pun kita harus ada yang belajar dasar-dasar ini dan berusaha menyesuaikan ke kehidupan nyata. Right?

      Dan benar lagi, banyak yang salah kaprah dan menganggap kalau ekonomi cuman masalah itung-itung duit. Kita lebih banyak membahas soal cost-benefit, dan ini tidak selalu direpresentasikan dalam bentuk duit. :)

      Thank you for your comment. :)

      • Rian
        February 4, 2012

        Hahahaha….lucu juga ya klo dalam satu buku ada “antitesis”nya…tapi itu emang kelebihan buku dari luar negeri….klo buku di indonesia kita hanya mengetahui teorinya saja dan harus mengikuti tanpa tahu ada kelemahan di dalam teori itu….

        ketika saya baca buku terjemahan asli dari inggris atw pun buku yg sudah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, saya juga bingung apa maksud dari sebuah buku….niatnya mendukung atw mngkritik sebuah teori yg diciptakannya sendiri….

        oh ya git…punya buku filsafat gak ??? Kan inggris itu tempat lahirnya filsafat analitik ??? Atw punya ebooknya gak ???

        thanks

  130. @cessgai
    February 1, 2012

    Apapun yg km lakukan,pastikan km serius br ga nyesal kemudian hari dgn blg”knapa dl gw ga serius kuliah,dlsb?” Kek yg udah gw alami.

    Btw,soal menteri keuangan,km udah jd mentri ,menteri pemberdayaan cinta di hati aku #halaaaahhhh #eaaaaa

    Regard PatKay a.k.a @cessgai

  131. putri
    February 1, 2012

    sukses y git bwt kuliahnya..

  132. putri
    February 1, 2012

    ya bener git.
    mudah2an ilmu yg kamu dpt & kamu pelajari selama kuliah bukan hanya sekedar mendapat gelar saja ,tp bisa bermanfaat di masa yg akan datang nanti.
    tetap semangat n good luck y git..

  133. suciorchita
    February 1, 2012

    sukses ya kak gita, keep spirit ;)

  134. Silvi rahmayuni
    February 1, 2012

    Btul t git. Q jg kliah ambil bidang yg sma, ekonomi. . . Amiiin. . . Smga dpat memperbaiki perekonomian ngra qta. . .

  135. mimi
    February 1, 2012

    kereeen Git ! kau bisa ngasih inspirasi buat hampir semua remaja lewat prestasimu ;)

  136. arif
    February 1, 2012

    salam kenal git :)

    semenjak gita bikin blogs, saya selalu baca ,yang paling menarik ” Hidup Sendiri” ternyata ga hanya kamar kostan saya yang berantakan tapi kamar gita juga sama..hidup nak kostan deh git :)

    sukses selalu kuliahnya & jangan bosen nulis blognya soalnya banyak yang menantikan kisah gita selanjutanya :) semangat :)

  137. Dian Ribut
    February 1, 2012

    yup, kalo emang gak enjoy jangan dilakukkan. . itu nanti hanya akan menambah derita di tahu-tahun saat kuliah. .

    *mikir,gimana ya kalo gita yang jadi menteri ekonomi. .^^ #kaburrrr . . @DianRibut

  138. TG
    February 1, 2012

    wow!! ($___\\\)
    *terpukau*nganga’*

  139. Rahmat Ali
    February 1, 2012

    Keren nih refleksi filsafat terkait apa yang jurusan ekonomi kamu ambil.

    Semoga lancar apa yang menjadi cita-cita kamu, Gita.

    Aamiin.

  140. Rachma juliandy
    February 1, 2012

    Aku suka sama pemikiran kak gita.
    Aku hanya bisa berDo’a yang terbaik aja buat kak gita. Aku juga merasakan hal yang sama dengan kak Gita.
    U are my inspiration kak gita :).

  141. Ginsei
    February 1, 2012

    Numpang baca2 git
    sekalian blogwalking hehehe

  142. divia putriana
    February 1, 2012

    Semoga Kuliah nya lancar dan tepat waktu yah git :D, kalo bisa cumelaude.. hihihi..
    semangat yah git ^_^

    having fun to see your another posting :)

    #keep blogposting git :D

  143. esti
    February 1, 2012

    great blog!!!…kamu memang pintar ya git, pinter nyanyi, jago mainin alat musik, dan ternyata kamu juga jago merangkai kata-kata dalam menulis, tulisan2 kamu enak dibaca dan membuat orang terinspirasi…

    selalu sempetin buat nulis di blog yah..
    aku pembaca setiamu..

    salam….

    sukses untuk kuliahnya…

    • myra
      February 1, 2012

      AWESOME!! memang benar, setiap kita memilih satu jalan hidup, harus d sertai dengan esensi yang tepat biar ga salah arah :) good luck for your study Gita :D